Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Ahad & Hari Besar Tutup
ALHAMDULILLAH KABAR GEMBIRA Setiap Keuntungan yang Diperoleh Dari Penjualan Buku Penerbit Pustaka Al-Bahjah Dialokasikan Untuk Kepentingan Da'wah LPD Al-Bahjah
Beranda » Artikel Terbaru » Kejelian Memanfaatkan Ruangan untuk Mendatangkan Kesuksesan

Kejelian Memanfaatkan Ruangan untuk Mendatangkan Kesuksesan

Diposting pada 23 Oktober 2021 oleh Admin 2 | Dilihat: 2.099 kali

Kejelian Memanfaatkan Ruangan untuk Mendatangkan Kesuksesan

PUSTAKA Al-BAHJAH-SEPUTAR PONDOK-Mendungnya sore hari pada hari Rabu, 13 Rabiul Awal 1443 H atau 20 Oktober 2021 M tidak menyurutkan semangat santri Al-Bahjah untuk menyulap ruangan yang tidak terpakai menjadi ruangan yang bernilai keilmuan dan mendatangkan kesuksesan. Ruangan yang digadang-gadang akan dijadikan sebagai perpustakaan santri tafaqquh tersebut tepat berada di belakang taman.

*Buku berjejer rapi di rak yang sudah dicat hijau

Prastio Aldri Nugraha, santri tafaqquh takhosus dakwah Al-Bahjah Pusat yang bertindak sebagai pengelola, menceritakan  bahwa pengubahan ruangan tersebut berawal dari hasil evaluasi ia beserta kawannya, kemudian ia dan kawannya itu  mendapatkan ide untuk berinsiatif mengubah ruangan yang tidak berfungsi menjadi ruangan perpustakaan.

“Ini kan sebuah ruangan, daripada ruangan ini menjadi tempat yang tidak bermanfaat, kita ubahlah  menjadi ruangan yang lebih bermanfaat. Kita ubahlah menjadi ruangan perpustakaan,” ungkapnya.

Adapun menurutnya, untuk pengunjung perpustakan tersebut nantinya akan dijadwal secara khusus untuk tiap ghurfah (kamar/ruangan) sehingga  tiap anggota ghurfah tersebut akan mendapatkan  jadwalnya masing-masing.

“Kita membuat jadwal dari masing-masing kamar taffaquh.” tuturnya.

Dalam hal ini, untuk peminjaman buku hanya di tempat. Artinya, buku tidak diizinkan untuk dibaca di luar ruangan atau dibawa ke kamar santri, karena perpustakaan ini masih baru dan bukunya belum terlalu komplet.

“Dan bukunya ini harus teliti lagi dan masih bercampur-campur, mana buku agama, mana buku sosial, dan mana buku cerita. Untuk sementara ini, hanya kerapian saja biar dipandang pun juga enak,” bebernya.

Di sisi lain, waktu yang digunakan untuk menyulap  ruangan tersebut menjadi ruangan perpustakaan adalah selama 7 hari atau seminggu, hal itu terhitung mulai dari tahap awal pembongkaran, pembuatan rak lemari buku oleh tukang, pengecatan, dan tahap akhir pembersihan.

* Seorang santri tampak membaca dengan serius salah satu koleksi buku yang terdapat di perpustakaan yang sebentar lagi akan dibuka

Rencananya, perpustakaan ini akan segera dibuka dan menyimpan beberapa koleksi atau judul buku yang dapat dibaca di tempat dan tentunya sangat bermanfaat.

* Santri mengisi kekosongan waktu dengan membaca buku

“Buku-bukunya ada Al-Quran, hadits, Fathul Qorib, sosial, agama, tentang kebudayaan, Al-Quran dan terjemahan. Nanti kalau sudah siap, akan kita buka jadwal.” terangnya.

Untuk jam buka sendiri, perpustakaan ini buka pada  ba’da Ashar dan tutup sebelum Maghrib.

Menurutnya, bagi santri yang ingin meminjam buku yang sangat dibutuhkan, maka buku tersebut akan dipinjamkan dengan tempo waktu tertentu. Akan tetapi, dengan ketentuan buku tersebut tidak boleh rusak, kotor, atau hilang.

Menurut perkiraannya, ruangan perpustakaan ini dapat menampung sekitar 20 s.d 25 orang. Dan untuk kenyamanan pengunjung perpustakaan, ruangan tersebut sudah dilengkapi dengan kipas angin, dispenser dan karpet tentunya.

Adapun untuk jumlah buku di ruangan tersebut sekitar 600 s.d 800 buku. Dan buku tersebut rencananya akan diberi label sesuai dengan ragam ilmu dan akan disesusaikan posisinya di rak buku.

“Rak buku paling atas tentang agama, hadits, ilmu-ilmu agama, Al-Quran, dalil. Rak kedua berisi buku-buku tentang aqidah, fiqih, inla, dll. Rak ketiga berisi buku cerita Nabi, kisah Nabi, Rasul, dan Anbiya. Paling bawah berisi buku-buku sosial tentang kemanusiaan,” jelasnya.

Kedepannya, perpustakaan yang langsung berada dalam naungan qism tarbiyyah ini  tidak menutup kemungkinan untuk menambah buku bacaan.

Di sisi lain, kondisi buku-buku yang terdapat  di perpustakaan tersebut sementara ini kondisinya  ada yang telah rusak karena di makan usia.

“Sedikit dibuka langsung sobek, ada yang masih bagus kita langsung promosikan. Antara buku yang masih layak dan tidak layak dipisahkan,” singkatnya.

Di lain sisi yang lainnya, keberadaan perpustakaan ini mendapat sambutan yang positif dari para santri, tidak terkecuali Nasrul A’mal, santri Tafaqquh asal Bangka Belitung, ia merasa bahagia dengan kehadiran perpustakaan tersebut,

“Alhamdullilah, hadirnya perpustakaan ini tuh sangat senang, karena kita bisa kaya akan ilmu sebab sering membaca. Gratis membaca beribu-ribu kitab di perpustakaan ini,” ungkapnya.

Ia juga berharap, semoga perpustakaan ini bisa memberi manfaat kepada santri-sanrti Al-Bahjah khususnya, umumnya semua umat. Semoga dengan datangnya ke perpustakaan tersebut bisa membawa pengunjungnya kepada pintu surga.

* Beberapa santri tampak sedang berdiskusi

Selain itu, Fajar Sidiq, santri asal Subang, ia juga tidak bisa menyembunyikan rasa kegembiraannya dengan kehadiran perpustakaan tersebut,

“Keadaan hari ini cukup membahagiakan hati, karena di situ ada ruangan baru, yaitu perpustakaan tafaqquh akan segera dibuka dan akan segera diresmikan secepat mungkin Insya Allah.”

* Buku-buku terbitan Pustaka Al-Bahjah

Ia juga berpesan agar santri yang berada di Al-Bahjah  cabang atau  pusat untuk tetap semangat dan  jangan melupakan perjuangan-perjuangan yang akan membuatnya sukses.

Melihat antusiasme dari para santri dalam berliterasi (membaca dan menulis) atau menambah wawasan dalam keilmuan tersebut, langsung disambut baik oleh Ketua Penerbit Pustaka Al-Bahjah.

“Kami menyambut baik dan mengapreasi serta akan berkontribusi dalam pembuatan perpustakaan sederhana tersebut dengan mengirimkan buku terbitan Pustaka Al-Bahjah sebagai bahan untuk menambah koleksi  buku di perpustakaan santri tafaqquh tersebut,” tuturnya.

Lalu, kapan perpustakaan ini dibuka secara resmi dan siap menerima pengunjung yang  haus akan ilmu?

Patut ditunggu berita selengkapnya hanya di www.pustakaalbahjah.com

Kunci kesuksesan adalah membaca, orang sukses pasti rajin membaca, salam literasi!

 

 

 

Bagikan informasi tentang Kejelian Memanfaatkan Ruangan untuk Mendatangkan Kesuksesan kepada teman atau kerabat Anda.

Kejelian Memanfaatkan Ruangan untuk Mendatangkan Kesuksesan | Pustaka

Belum ada komentar untuk Kejelian Memanfaatkan Ruangan untuk Mendatangkan Kesuksesan

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Limited Edition
PESAN CEPAT
BUKU DZIKIR HARIAN MAJELIS AL-BAHJAH

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 40.000
Ready Stock
Popular!
PESAN CEPAT
BUKU BUYA YAHYA MENJAWAB JILID-1

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 145.000
Ready Stock
Rp 145.000
Ready Stock
Limited Edition
PESAN CEPAT
BUKU ROMADHONNIAT KARYA BUYA YAHYA

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 94.000
Ready Stock
SIDEBAR